SMA N1 Kalasan 10 IPA 2 2013/2014

 Tutorial menggambar manga untuk pemula kebetulan saya juga baru amatir.
Kita akan belajar menggambar manga mulai dari nol sampai dengan bisa mewarnainya secara digital menggunakan PaintToolSAI.

PRABA AMBARA.... JAYA!!! Hai hai, di ulang tahun SMA N 1 Kalasan kita tercinta ini, ada lomba blog dan banner ya? ah saya juga mau ikutan nyumbang postingan dah, kebetulan saya kemaren habis lulus SMP kenal sama Digital Art (Baru kemaren lulus SMP loh, masih pemula banget) tapi ya lumayan lah sekarang. Nah saya mau berbagi ilmu yang sudah saya dapat. Siapa tau saya menemukan Rival di sini.



Paint tool SAI adalah sejenis software olah gambar (eh bener kan?) ya kaya photoshop gitu lah. Hanya saja yang membedakan adalah SAI memiliki Fully Digitizer Pressure Support, yap kalo kamu pake drawing tablet ada deteksi tekanannya.
Photoshop kayaknya ga ada deh. Dan SAI kita bisa ngotak atik tools sesuai keinginan kita, misal menduplikat, mengganti tekanan, dan banyak deh; dan lagi SAI juga punya Stroke Stabilizer, jadi kalo kita nggambar garis, yang harusnya melenceng jadi alus.
PaintToolSAI juga lebih ringan dari photoshop hanya saja.... ah sudahlah kayaknya terlalu detil.

SAI ini program keluaran SYSTEMAX.JP. Nah cukup basa-basinya, saatnya kita mulai Sketching...

Sketching bisa dilakukan dengan banyak cara. Bisa di kertas maupun di komputer. Langkah kali ini akan saya lakukan di Leptop, tapi kalau kamu mau nyoba di kertas dulu (biasanya kalo belom punya tablet) nanti akan ada langkah tambahan yang saya sebut TRACING atau menjiplak.

Pertama-tama, gambar garis bantu. (buat yang belum punya tablet pake kertas dulu ya? saya dulu juga gitu.)
Buat orang yang bener-bener blank soal nggambar, bagian ini penting banget.
Sebenernya ada sketch yang lain yang lebih 'advanced' buat dipake. Tapi saya gak bisa. ini aja deh yang gampang
s
Huahahahaha simpel kan? nah sekarang gambar kepalanya. (tips: nggambar ginian enak pake pensil).
Hubungkan garis dari lingkaran samping ke bawah ke atas lagi terus....... dong gak? liat gambar aja dah.

Kurang lebih gini gan
Bisa? Sekarang saatnya nggambar mata. Buat garis bantu buat mata biar sejajar. Garis bantu yang lama diilangin dikit-dikit gan.

nah gini dah. Jelek ya? iya nih maklum lagi lapar. Belum makan SNICKERS. aduh malah ngomongin merk yang kaga jelas, gara2 kelas 10IPA2 nih.

- Au dah ini artikel apa bukan, yang jelas bantu posting aja dah, kalo blog mah urusan Mas Angga.
 Catatan: Katanya mata cewek lebih gede dari cowok kalo di manga, yah tapi menurut saya sih..... sesuai teknik menggambar masing-masing aja lah. Kalo saya sih sekarang suka dua2nya pake mata besar.

Selanjutnya.... Gambar rambut dan alis.
Note: Nggambar rambut cowok itu lebih gampang karena simpel. Kalo rambut cewek biasanya harus nentuin panjang, cahaya, arah angin, tekanan udara, dll. tapi untuk sketsa.... rambut cewek lebih gampang digambar. pusing ya? kalo udah nyoba bakal tau sendiri.

 sekalian abis digambar rambut, kepalanya keliatan aneh, langsung diperbaikin. Garis bantunya juga dikit2 diilangin kalo pake kertas gan.


Tadaaa!! UPS mulutnya kegambar. Sekarang coba gambar badannya. Oh iya pas nggambar badan, ada bagian yang gak boleh dilupain. Lekukan....... mmm apa ya namanya, ya kayak tulang gitu.... tuh udah aku lingkarin merah.


Selanjutnya... BAJU... kalo bisa baju harian dulu aja yang gampang.


Dan VOILA!!... Sketch telah jadi...

Tunggu tutorial selanjutnya, harusnya habis ini Tracing(buat yg pake kertas) terus ke Lineart buat pewarnaan. tapi yaaaa itupun kalau blognya masih ada. Maaf ya kalau gambarnya jelek, itu dasarnya dulu. Kalau mau cari referensi ada tuh di youtube.

NEXT: LINEART (COMING SOON -_- maybe)

Sekian, mohon maaf bila ada kesalahan, misalnya bahasanya agak alay, ya biar gak dingin aja artikelnya. yG pnT1n6 qHuWw g4 pkE huRUF kyax gniieE

"Lah elu enak gan lu punya tablet, lha gua??"
saya dulu juga gak punya, tapi saya juga usaha bro, di bawah ini salah satu gambaran saya pake spidol sama mouse. Jadi jangan berkecil hati bro.
Kalo kata Yugi sih, "As long as you never give up, your opportunity for victory will arrive!" padahal ana gak tau artinya. Tapi intinya jangan menyerah. Huahahaha


Sering-sering juga ya dateng ke Deviantart, atau ke Youtube.
Kalo kamu suka nonton anime, sekalian dilihat secara detail gambarnya.


Sekali lagi mohon maaf bila ada salah kata. Wassalaamu'alaikum WR WB

 

Categories:

Leave a Reply